Selasa, 13 November 2012

Matematika dan Islam

Oleh: Rini Srimulyani

Matematika dengan Islam, apa hubungannya?? Mungkin pertanyaan itu yang akan muncul di setiap benak kita. Eiits..tapi tunggu dulu, ternyata segala aspek kehidupan kita tidaklah terlepas dari matematika. Begitupun dengan Islam, khususnya di dalam Al-Qur'an. Percaya atau tidak di dalam Al-Qur'an itu terdapat konsep-konsep matematika. Dan tahukah bahwa ilmu matematika sendiri, ternyata banyak dikenalkan oleh ilmuwan-ilmuwan Islam. Bahkan kontribusi para ilmuwan Islam dalam mengembangkan matematika telah diakui dunia barat. JJ O'Conner dan EF Robertson dalam MacTutor History of Mathematics berkata, "Kami (Barat) berhutang jasa terhadap Matematika Islam".



Menurut mereka, begitu banyak ide-ide brilian yang berkembang dalam bidang matematika Eropa pada abad ke-16 sampai 18. Dan ternyata merupakan hasil pemikiran ahli matematika Arab/Islam.

Salah satu Ilmuwan Islam yang terkenal yaitu Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi. Ia pertama kali menemukan Algorisme, yaitu sebuah sistem hintungan nilai menurut tempat, dari kanan ke kiri, dimulai dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya. Begitu juga sistem desimal (persepuluhan).

Selain itu, Al-Khawarizmi juga menemukan riwayat angka nol. Angka nol dalam bahasa Arab disebut sifr. Dengan angka ini kita bisa menghitung puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya. Karena pada zaman dahulu, untuk menghitung digunakan alat yang disebut dengan abacus atau sempoa.

Luar biasa bukan?? Tidak terbayangkan jika angka nol tidak ada, mungkin kita akan kesulitan dalam menghitung apapun. Oleh karenanya penting sekali mempelajari Sejarah Matematika Islam yang mungkin sedikit terlupakan oleh para pencari ilmu, khususnya pelajar masa kini.

Itulah sedikitnya dari sekian banyak kontribusi para Ilmuwan Islam terhadap Matematika. Ternyata masih belum cukup jika kita hanya sekedar tahu keilmuan eksak tanpa disertai sejarah bagaimana eksak itu bisa berkembang pesat hingga saat ini.

Al-Khawarizmi adalah satu dari sekian banyak tokoh Matematikawan Islam yang luar biasa. Masih banyak lagi tokoh-tokoh lain yang perlu kita ketahui.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar